Sabtu, 22 Februari 2014

19 Daerah Wisata Di Provinsi Sulawesi Tengah Yang Menawan

Sulawesi Tengah juga sebuah provinsi di Indonesia yang di lintasi oleh garis khatulistiwa dengan Kota Palu sebagai ibukotanya. Banyak potensi wisata yang sanggup di nikmati di provinsi ini ibarat halnya wisata budaya, wisata alam, wisata kuliner, dan masih banyak lagi wisata yang menarik. Tentunya berlibur di tempat Sulawesi tengah akan mengatakan kesan dan pengalaman yang menyenangkan.

Akhir-akhir ini banyak obyek wisata yang di kembangkan dengan sejumlah kemudahan yang menciptakan nyaman para pengunjung. Kembali lagi ke pembahasan tempat wisata di Sulawesi Tengah, begitu menarik untuk di jelajahi lantaran belum banyak yang tahu wacana potensi wisata di provinsi ini.

Dari rangkuman kami,  ada beberapa tempat wisata yang sanggup Anda tuju ketika berada di Provinsi Sulawesi tengah yaitu sebagai berikut;

1. Pulau Pasoso

Salah satu potensi wisata populer di Pulau Pasoso ialah terdapat populasi penyu hijau, selain itu pulau ini memperlihatkan pemandangan laut dan pantai yang sangat indah. Wisatawan sanggup melihat keindahan dunia bawah laut yang menajubkan dengan melalui aktivitas snokerling. Di tempat ini juga sanggup menikmati bermacam-macam budaya masyarakat setempat yang sangat eksotik.

Adapun aktivitas menarik selain menyaksikan penyu bertelur dan snokerling, para pengunjung pun sanggup berjemur dan menyaksikan eloknya terbit dan tenggelamnya matahari. Pulau Pasoso terletak di pantai barat Kabupaten Donggala atau secara administrative berada dalam Kecaatan Balaesang.

Untuk menuju Pulau Pasoso kebanyakan di Mulai dari Desa Mapaga atau Desa Labean berjarakkan 109 km sebelah utara Kota Palu.  Dilokasi inilah pengusaha pariwisata Tanjung Karang menyiapkan Paket perjalanan menuju ke Pulau Pasoso dengan menggunakan Kapal Pengamat karang, sehingga penumpang sanggup menyaksikan keindahan alam bawah laut.

Baca juga; 26 Tempat Wisata Di Jawa Tengah Yang wajib di Kunjungi

2. Pulau Lutungan

Konon sebelum dinamai Pulau Lutungan, pulau ini berjulukan Tanjung Enau ( Tando Kanau ) oleh masyarakat Tolitoli, yang dikarenakan pulau tersebut dipenuhi pohon enau. Posisi Pulau Lutungan tepat berada di arah barat Kota Tolitoli. Pulau kecil ini mempunyai pemandangan yang indah dengan pantai berpasir putih, air laut yang jernih, terdapat populasi terumbu karang beserta banyak sekali biota laut didalamnya.

Obyek wisata Pulau Lutungan selain mempunyai paronama alamnya yang indah, juga mempunyai nilai sejarah. Di tempat pulau ini terdapat makam Raja Tolitoli yang berjulukan Syaefudin Bantilan yang merupakan keturunan Raja Mohammad Yusuf Syaiful Muluk Muidjuddin ( Malatuang ). Pulau lutungan sanggup diakses menggunakan bahtera dari Kota Tolitoli kurang lebih 30 menit perjalanan.

Baca juga; 30 Obyek Wisata Alam di Jawa Timur Yang Asik

3. Pulau Togean


Pulau Togean sangat dikenal akan ekosistem terumbu karang dan bermacam-macam biota laut yang langka dan dilindungi. Beberapa aktivitas wisata yang sanggup di lakukan disini ialah menyelam, snokerling , menjelajahi alam hutan , dan masih banyak lagi. Secara geografis pulau ini terletak di Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah, tepatnya berada di Teluk Tomini.

Terumbu karang yang berada di tempat tersebut masih sehat dan alami, sehingga wisatawan yang tiba tidak akan melewatkan kesempatan yang sangat istimewa ini. Pulau Togean mempunyai pasir pantai yang putih dan lautan biru jernih serta terdapat pula hutan mangrove berisikan 33 jenis mangrove.

 Akses menuju ke lokasi sanggup di awali dari Kota Ampana ( ibukota Kabupaten Tojo Una-Una ) menaiki kapal motor menuju Pelabuhan Wakai.

Baca juga; 20 Keindahan Wisata Alam Di Jawa Barat Yang Luar Biasa

4. Pantai Talise

Pantai Talise luasnya membentang di Kota Palu Hingga Kabupaten Donggala, tepatnya terletak 2 km sebelah utara Kota Palu. Pantai yang sangat cocok dipakai untuk aktivitas berenang, wind surfing ( selancar angin ), menyelam, sky air, memancing, ternyata mempunyai paronama alam yang indah berupa hamparan teluk dan formasi pegunungan yang mempesona.

Pantai Talise menjadi salah satu tujuan para wisatawan, lantaran didukung aksesnya yang mudah, biaya murah, dan mempunyai pemandangan yang disajikan cukup indah. Selain itu ketika menjelang sore melihat keelokan terbenam matahari di antara Gunung Gawalise.  Di malam hari pun terdapat pemandangan yang tak kalah indahnya yaitu lampu-lampu hias yang sengaja dipasang di bahtera para nelayan yang bergerak ke tengah teluk.

Wisata masakan di sepanjang Pantai Talise terdapat kuliner khas yang ditawarkan yakni pisang goreng, pisang gepe, jagung bakar, dan juga sarabba. Bagi pengunjung yang ingin menginap di tempat pantai ada tempat inap berupa hotel maupun wisma.

Baca juga; 15 Tempat Wisata di Bangka Belitung Yang Menyenangkan

5. Pantai Tanjung Karang

Letak Pantai Tanjung Karang di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah dan sanggup ditempuh dengan kendaraan beroda empat atau motor selama -+ 1 jam. Wisata di Pantai Tanjung Karang sangat populer akan keindahan alam bawah lautnya, pemandangan menajubkan akan di temuui di dalam laut. Bagi yang tidak menyukai aktivitas snokerling tetap sanggup menikmatinya dengan cara menggunakan jasa kapal yang mempunyai beling di cuilan bawahnya.

Setelah menikmati keindahan alamnya sanggup di lanjut merasakan kuliner dan minuman yang tersedia ibarat pisang goreng, bakso, nasi kuning, mi kuah, mi goreng, ikan bakar, dll. Dan untuk minumannya tersedia soft drink banyak sekali rasa, ataupun pemesanan teh dan kopi ada disisni.

Baca juga; 16 Tempat Berlibur di Gorontalo Yang Menajubkan

6. Rumah Adat Banua Oge / Souraja

Rumah tersebut dulunya ialah tempat para raja beserta keluarga dan juga sebagai sentra pemerintahan. Rumah budbahasa ini di berdiri sekitar abat 19 masehi yang diprakarsai oleh Raja Yodjokodi, merupakan bangunan panggung yang menggunakan materi dari kayu yang dibentuk arsistektur bugis dan kaili. Jumlah tiang pada bangunan utama berjumlah 28 buah dan 8 buah di cuilan dapur dengan luas keseluruhan 32 x 11,5 meter.

Rumah budbahasa Oge bangunannya terdiri dari 4 cuilan yakni Gandaria ( serambi ), Lonta Karavana ( ruang depan ), Lonta Tatangana ( ruang tengah ), serta Lonta Rarana ( ruang belakang ). Atap rumah berbentuk segitiga pyramid yang di cuilan depan dan belakang atapnya ditutup dengan papan yang dihiasi ukir-ukiran.

Di pintu dan jendela bangunan terdapat hiasan kaligrafi bertuliskan aksara Arab, yang keseluruhan bangunnya di penuhi oleh hiasan gesekan yang melambangkan kesuburan, kemuliaan, ramah tamah, dan kesejahteraan.

Baca juga; 15 tempat wisata di Bengkulu yang eksotik

7. Pusentasi Pusat Laut

Pusentasi Pusat Laut ialah suatu tempat wisata maritim yang berada di Desa Towale, Kecamatan Banwa, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah yang sanggup di tempuh sekitar 30 menit dari sentra Kota Donggala ( 12 km ) atau dari Kota Palu selama 2 jam perjalanan. Dikawasan ini juga terdapat pantai yang berpasir halus serta jembatan sepanjang 15 meter menuju laut.

Pusentasi Pusat Laut berbentuk sumur besar berdiameter 10 meter dan kedalamannya mencapai 15 meter. Yang menjadi keunikannya yaitu meskipun air laut surut maupun pasang keadaan airnya tetap sama dan jernih, padahal jaraknya terletak 5 meter diatas permukaan air laut.  Konon didalam lubang Pusat Laut terdapat terowongan yang menghubungkan ke laut.

Bagi pengunjung yang ingin merasakan pesonanya, sudah disediakan tangga guna untuk menuju ke daratan serta berenang di lubang ini. Kondisi jalan menuju ke lokasi cukup sulit dengan kondisi sedikit terjal, lebih amannya gunakan jasa sewa kendaraan beroda empat ataupun jasa ojek.

Baca juga; 14 obyek wisata di Aceh Yang Memukau

8. Taman Nasional Lore Lindu

Didalam Taman Nasional Lore Lindu terdapat faouna dan tanaman endemic khas Sulawesi serta paronama alam yang menarik, alasannya taman ini terletak di garis Wallace yang merupakan wilayah peralihan antara zona Asia dan Australia. Dilingkup kawasannya sebagian besar terdiri atas pegunungan ( sub-pegunungan ) dan sebagian kecil hutan dataran rendah.

Tujuan utama ke tempat ini selain untuk mendaki gunung, memanjat tebing dan menikmati paronama alamnya, juga menjadi obyek penelitian dari dalam dan luar negeri.  Secara administrative tempat Taman Nasional Lore lindu berada di Kabupaten Donggala dan Kabupatnen Poso, Sulawesi Tengah. Letaknya tidak jauh dari Danau Poso yang jaraknya -+60 km sebelah barat Kota Palu.

Baca juga; 17 Obyek Wisata di Kalimantan Barat Yang Indah

9. Museum Selawesi Tengah

Museum Sulawesi di berdiri pada tahun 1977/1978 di atas tanah seluas 1,8 hektar, keberadaannya di Jalan Kemiri No. 23 Palu, Sualwesi Tengah. Guna museum ini untuk menyelamatkan warisan peninggalan sejarah dan budaya nasional serta turut ambil cuilan dalam training kebudayaan bangsa. Berdirinya Museum Sulawesi Tengah diawali hasil penjajakan yang dilakukan oleh Masyuddin Masyuda BA ( tokoh budayawan Sulawesi Tengah ).

Gagasannya di curahkan dalam goresan pena berjudul “ Perpektif Pembangunan Museum Negeri Provinsi Sulawesi Tengah” yang kemudian dipresentasikan dalam penataran ilmu permuseuman di Museum Nasional tahun 1975. Pernah dijadikan tuan rumah pekan raya kain nusantara dan pekan raya lintasan sejarah usaha bangsa yang di sambut baik oleh pihak museum, oleh lantaran memberi efek positif terhadap kunjungan wisatawan.

Baca juga; 13 Obyek Wisata di Kalimantan Selatan Yang Menawan

10. Danau Poso

Danau Poso merupakan salah satu danau terindah di dunia yang mempunyai pasir putih mulai dari tepi hingga dasarnya.Danau tersebut berada diketinggian 657 meter yang terletak di Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.Danau Poso mempunyai panjang 32 km dan lebar 16 km yang merupakan danau terbesar ke-3 di Indonesia.

Danau ini ialah tempat banyak sekali ikan ibarat ikan nilam, mujair, lele, ikan emas, dsb. Dari beberapa macam ikan tersebut ada satu ikan yang unik yaitu ikan Sugili yang kini populasinya hampir punah.

Baca juga; 12 Obyek Wisata di Kalimantan Tengah Yang Cantik

11. Air Terjun Saluopa

Nama lain Air Terjun Saluopa ialah Air Luncur Saluopa yang mempunyai tinggkat sebanyak 12 buah, setiap tingatannya terdapat tangga guna untuk menuju tingkatan lainnya. Bermacam fauna sanggup ditemui di hutan tropis sekitar air terjun. Kondisi air di Air Terjun Saluopa sangat jernih dan higienis hingga bebatuan yang di alirinya trelihat jelas.

Lokasi Air Terjun Saluopa berada di Desa Tonusu, Pamona Utara, Poso, Sulawesi Tengah. Dari Kota Tentena jaraknya sekitar 13 km ke barat, Sedangkan untuk tempat inapnya sebaiknya menginap di Hotel bersahabat obyek wisata Air Terju Saluopa yakni Hotel Ue Datu Cottages.

Baca juga; 14 Obyek Wisata Di Kalimantan Timur Yang Sangat Fantastik

12. Air Terjun Likunggawali

Di obyek wisata kali ini pengunjung akan ditantang untuk melaksanakan panjat tebing. Kawasan Air terjun Likunggawali merupakan tempat olahraga panjat tebing yang kecuramannya lebih dari 80 meter, dan juga mempunyai paronama alam yang indah. Selain itu di lokasi ini terdapat jalur trekking yang melewati beberapa desa sekitar yakni jalur Likunggawali-Janaedo dan jalur trekking Towera-Janaedo.

Air Terjung Likunggawali berada di Desa Marantale, Kecamatan Ampibabo dan sanggup di kanal dengan banyak sekali jenis kendaraan. Jaraknya sekitar 30 km dari Parigi ke lokasi wisata yang kemudian dilanjut berjalan kaki menuju ke Air Terjun Likunggawali.

Baca juga; 11 Tempat Wisata Di Kalimantan Utara Yang Terbaik

13. Air Terjun Wera

Lokasinya di Desa Balumbewa, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Air Terjun Wera merupakan tempat wisata yang berada di Kawasan Wisata Wera di lereng Gunung Watusidae, dengan tingginya 80 meter dan kemiringan 70-80 dc serta keberadaannya di ketinggian 100 meter dpl. Satu-satunya cara untuk mencapai puncak Air Terjun Wera ialah berjalan menyusuri jalan setapak yang menanjak.

Sesampainya di puncak paronama alam yang sangat indah akan terlihat jelas, dan kalau ingin berkemah disarankan berada didataran sebelah utara serta di puncak bukit yang berada di bersahabat Desa Ngatapapu. Keberadaan Desa Balumbewa berjarak -+20 km di sebelah selatan Kota Palu. Sedangkan untuk menuju ke pintu masuk Taman Wisata Wera sanggup ditempuh menggunakan kendaraan bermotor.

Waktu perjalanan yang diharapkan -+1 jam tergantung kecepatan dan skil pengendara dan jarak antara Taman Wisata Wera dengan puncak penderasan tersebut jauhnya 2 km saja.

Baca juga; Indahnya 11 Tempat Wisata di Sulawesi Barat yang layak di kunjungi

14. Tugu Perdamaian

Kota Palu kini mempunyai potensi wisata yang terbilang gres yakni Tugu Perdamaian ( Nosarara Nosabatutu ). Bangunan ini berdiri megah di perbukitan wilayah Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, di atas tanah seluas sekitar 800 meter persegi. Tugu ini ditetapkan sebagai ikon perdamaian di wilayah Sulawesi Tengah pada umunya, dan pada khususnya di wilayah Kota Palu.

Tugu Perdamaian berada pada 2 km dari belakang Mako Polda Sulawesi Selatan, oleh alasannya keberadaannya di atas bukit sanggup dijangkau melalui Jl. Soekarno-Hatta dan melewati jalan mendaki selama -+10 menit. Walaupun terbilang wisata baru, obyek wisata ini sudah ramai di kunjungi untuk menikmati pemandangan alam hijau disekitarnya.

Pada waktu malam hari pemandangan berkembang menjadi lebih indah dan romantis, yaitu pemandangan dari lampu berwarna-warni yang terpancar dari rumah warga Kota Palu yang luar biasa cantiknya.

Baca juga; 26 Obyek Wisata Di Sulawesi Selatan Yang Sangat Menarik

15. Desa Dombu

Desa Dombu, Kecamatan Marowala, Kabupaten Donggala ialah salah satu daerah di Provinsi Sulawesi Tengah yang masih ada suku Da’a ( suku yang membangun rumah di atas pohon ). Hingga hingga dikala ini sekitar 75 persen warga suku Da’a teteap mempertahankan hidup di tempat tinggi, selain kondusif dari gamgguam hewan buas juga lebih leluasa menyaksikan indahnya paronama alam.

Desa Dombu sanggup dijangkau dalam waktu 1 jam dari Kota Palu. Perjalanan cukup mendebarakan, jalannya sangat sempit yang sanggup di lalaui satu kendaraan roda empat denagan kondisi jalan yang berliku-liku tajam serta bentangan dinding berkemiringan 80 derajat dan disisi lainya jurang.

Pemandangannya benar-benar mengagumkan berada di puncak Gunung Gawalise di ketinggian 1.500 meter dpl, disini terlihat pemandangan permukaan laut berseliut kabut tebal yang eksotik. Udara pegunungan yang khas dan sejuk menciptakan sanggup betah berlama-lama di lokasi ini. Selain itu pengunjung sanggup leluasa menyaksikan paronama pemandangan Kota Palu beserta teluknya yang menawan.

Baca juga; 15 Tempat Rekreasi di Sulawesi Tenggara Yang Wajib Di Kunjungi

16. Jembatan Palu IV

Jembatan Palu IV memang mempunyai daya tarik tersendiri, hadirnya jembatan ini menambah keindahan paronama alam di tempat Kota Palu. Jembatan Palu IV berwarna khas kuning dengan lekungan berbentuk aksara M, menjadikannya sebagai jembatan lengkung pertama di Indonesia dan Dunia. Bangunan ini terdata sebagai jembatan lengkung ke-3 sesudah jembatan lengkung di Prancis dan Jepang.

Jembatan Palu IV lebarnya 8 meter dan panjangnya 300 meter yang menjadi ikon Provinsi Sulawesi Tengah. Banyak di temui pengunjung yang berfoto ria di seputaran tempat jembatan pada sore hari. Bagusnya Jembatan Palu Iv didukung adanya du trotoar untuk pejalan kaki dan di tambah dengan dua tempat bersantai.

Bagi pengunjung yang ingin naik dan melihat pemandangan di atas jembatan tidak di kenai biaya alis gratis. Keindahan pada malam hari pun tak mau kalah, lampu berwarna putih akan menyinari sudut demi sudut jembatan menampikan keindahan yang sempurna.

Baca juga; 29 Tempat Wisata Di Sumatera Selatan Yang Wajib Anda Kunjungi

17. Hutan Lindung Marowali

Hutan Lindung Marowali tepatnya berada di Kabupaten Marowali, Sulawesi Tengah. Perjalanan sanggup di kanal menggunakan bahtera motor dari Kolonodale, Marowali. Di sebagian tempat Hutan Lindung Marowali di huni oleh penduduk orisinil Suku Wana dan di cuilan pesisir pantai di huni oleh Suku Bajoe. Kawasan ini mempunyai satwa yang tidak ada duanya yakni Anoa ( kelelawar raksasa yang mempunyai batang sayap mencapai 2 meter ).

Di tempat Hutan Lindung Marowali mencakup hutan suaka alam, hutan wisata, hutan produksi, dan areal penggunaan lain.

Baca juga; 50 Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menyenangkan

18. Air Panas Mantikole

Obyek wisata Air Panas Mantikole mempunyai pemandangan alam yang masih orisinil dan alami. Keberadanya di lereng gunung di Desa Mantikole, Kecamatan Dolo, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Air panas di lokasi ini mengandung sulfur yang bermanfaat menyembuhkan banyak sekali penyakit, terlebih khususnya penyakit kulit.

Air yang mengalir di sungai sangat jernih melewati bebatuan besar di tengah hutan tropis yang dihuni bermacam satwa liar, sangatlah cocok untuk menenangkan diri dari rutinitas sehari-hari. Di lokasi wisata sudah terlengkapi kemudahan peristirahatan dan kolam renang. Lokasinya berjarak 25 km kearah selatan dari Kota Palu dengan kondisi jalan yang sanggup di tempuh menggunakan semua jenis kendaraan.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Sulawesi Utara Yang Mempesona

19. Menu Makanan Kaledo

Kurang afdhol rasanya kalau bertamasya di Sulawesi Tengah belum merasakan masakan khasnya yakni Kaledo. Kaledo sendiri ialah jenis kuliner berkuah bening dan agak kekuningan lebih ibarat soto. Makanan ini pertama kali muncul menggunakan materi baku tulang kaki sapi saja, seiring waktu berjalan materi yang di sanggup semakin sulit. Maka untuk mensiasati itu semua para penjual menambahkan tulang belakang sapi sebagai tambahan materi utama.

0 komentar

Posting Komentar