Senin, 17 Februari 2014

24 Buah Tangan Kulier Dari Jakarta Yang Cantik Untuk Keluarga Tercinta

Kota Jakarta adalah kota metropolitan yang mana maraknya bisnis berkembang pesat, baik itu dari sektor industri, perbankkan, hingga pariwisata dll. Meskipun Jakarta ialah kota yang padat penduduk, populer kemacetan panjang, bising, berpolusi. Jakarta mempunyai wisata yang bisa dikatakan magnet besar bagi penduduk Indonesia.

Saat berwisata di Kota metropolitan yang menjadi sentra pemerintahan ini jangan hingga lupa lo ya untuk membawa oleh-oleh. Terdata dari beberapa sumber informasi, di bawah ada sejumlah buah tangan khas Jakarta yang mungkin Anda beli untuk menyenagkan keluarga di rumah.

1. Kerak Telor

Makanan khas Betawi ini cukup langka, alasannya jarang yang menjajakannya di hari-hari biasa. Kerak Telor gampang di dapati ketika diselenggarakannya even Pekan Raya Jakarta ( PRJ ) atau jikalau beruntung sanggup menjumpai penjualnya di daerah wisata Setu Babakan di Jangakarsa maupun di daerah Kota Tua Jakarta.

Kerak Telor di buat dari beras ketan, telur ayam, udang kering, yang di bumbiu bawang merah goreng. Setelah itu di beri bumbu racikan yang berupa kelapa sangrai, kenncur, cabe merah, merica, jahe, garam serta gula pasir.

Baca juga; 50 Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Apik & Menarik

2. Bir Pletok

Walaupun di embel-embeli kata bir, minuman ini 100% bebas dari alkohol dan terbuat dari racikan materi tradisional menyerupai halnya serai, jahe, daun pandan, dsb. Untuk memberi kesan yang enak, biasanya para pembuatnya menambahkan kayu secang yang memberi imbas warna merah bila di sedu dengan air panas.

Asalkan pembaca tahu, bahwasannya minuman ini sangat berguna untuk memperlancar edaran darah. Bir Pletok sangat harmonis dimunum ketika cuaca hambar menyerupai malam hari, guna menghangatkan tubuh. Nah, bagi wisatawan sangat cocok minum minuman ini lantaran akan menjaga kebugaran badan ketika melaksanakan acara liburan.

Baca juga; 42 Tempat Wisata Di Bali Yang Wajib Kamu Eksplor & Ketahui

3. Pepes Tulang Lunak Ikan Mas

Berkeinginan membawa buah tangan nan unik serta menarik dan siap saji dari Jakarta ? Inidia masakan Pepes Ikan Mas PeTuLu ( Pepes Tulang Lunak ), siap melayai Anda. Pas dengan namanya, PeTuLu ini benar-benar lunak hingga ke tulangnya. Hingga tulang tengah ikan pun empuk juga gurih, bumbunya meresap ajib dan nayris tak tersisa ketika memakannya.

Sajian ini dikemas dalam daun pisang yang dilapisi dengan alumunium foil, sebagai pelengkapnya di beri sambal merah dalam wadah plastik.pepes ikan tersebut sangat yummy dipadu dengan sambal merahnya, cita rasa pedas gurih cocok disantap bersama nasi hangat. Alamat PetuLu berada di Superindo Sektor 1 Bintaro Jaya ( Plaza Bintaro Satoe ), Giant Sektor 2 Bintaro Jaya / ( 08159944614 / 021-7362560 ).

Baca juga; 35 Tempat Wisata Di Jakarta Yang Sangat Menyenangkan

4. Dodol Betawi

Seperti pada umumnya dodol yang di jajakan di tempat lain, hanya saja Dodol Betawi menggunakan materi campran dari ketan hitam, ketan putih, durian dll. Dalam pembuatannya sangat rumit, bayangkan semua materi dimasak di atas tungku dengan kayu bakar selama 8 jam. Hmmm patinya makanan ini sulit di temukan pada hari-hari biasa.

Namun jangan khawatir ya sob, pada umumnya Dodol Betawi di buat sebagai panganan khusus pesta, Bulan Ramadhan Idul firti atau Idul adha. Jika ingin merasakan rasanya, kalian bisa mencarinya di waktu tertentu, terlebih menjelang hari raya Dodol Betawi laku terjual.

Baca juga; Inilah 25 Obyek Wisata Terbagus Di Jambi

5. Roti Buaya

Sebai program pernikahan, Roti Buaya juga bisa dijadikan buah tangan khas Jakarta yang wajib Anda bawa pulang. Roti berbentuk unik ini mempunyai cita rasa yang bervariasi dengan diisi bermacam rasa di dalamnya. Kaprikornus siapapun tak akan bosan memakannya, dan merupakan kepuasan tersendiri untuk bisa mencicipinya.

Didalam kepercayaan Suku Betawi, binatang buaya melambangkan kesetiaan hanya kawin sekali dengan pasangannya. Secara tradisional dianggap mempunyai sifat sabar dalam menunggu mangsa. Namun dalam simblisme budaya modern, makna buaya bermetamorfosis pengartian buruk, menyerupai buaya minum ( pemabuk ), buaya judi, dan buaya darat ( mata keranjang ).

Memang cukup sulit untuk menemukan Roti Buaya ini, mimin sarankan coba menuju ke beberapa sentra makanan dan oleh0oleh khas jakarta. Semoga sukses.

Baca juga; 24 Tempat Wisata Di Maluku Yang Memukau

6. Kue Geplak

Sama halnya dengan Kerak Telor, Kue Geprak ialah makanan tradisional Betawi yang lambat laun mulai langka ditemui. Kue yang mempunyai tekstur lembut, rasanya manis ini kerap dijadikan sebagai seserahan dalam program etika ijab kabul masyarakat Betawi. Dinamakan geplak lantaran dalam proses pembuatannya menggunakan tanagan kosong dengan cara dipukul atau di tepuk-tepuk.

Bahan utama Kue Geplak yaitu beras yang didominasi warna putih dan cokelat, jikalau berminat membelinya tiba saja ke Bintaro. Daerah tersebut masih ada beberapa industri rumahan yang menciptakan Kue Geplak walaupun pembuatannya hanya skala kecil.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Lampung Yang Menyenangkan

7. Kue Semprong Glory

Selain tahan usang camilan manis yang satu ini mempunyai cita rasa gurih, crispy, dan tentunya berbeda sama camilan manis semprong lainnya pada dasarnya tidak berminyak. Banyak varian rasa yang di tawarkan oleh GLORY atau Crispy Rools. Tidak usah jauh-jauh untuk menemukan Kue Seprong Glory yakni Home Industry milik Ks. Tuban III No.2 Slipi, Jakarta Barat ( 021 – 5348086, 08121914105 ).

Baca juga; 15 Tempat Wisata Di Kepulauan Riau Yang Menarik

8. Kue Akar Kelapa

Kue yang bentuknya menyerupai Akar Kelapa ini sangat legendaris dari dapur Betawi, mempunyai rasa khas renyah, gurih dan crispy. Meskipun begitu, ada sebagian masyarakat Jakarta yang menyebut Kue Akar Kelapa sebagai Kue Procot. Pengambilan nama Procot lantaran proses pencetakan adonan di keluarkan perlahan menggunakan tabung yang sudah dilubangi di bab ujungnya.

Kue Akar Kelapa termasuk camilan manis kering, hmm cocok deh di buat buah tangan alasannya camilan manis ini tahan usang dan tentunya bagi wisatawan sangat gampang membawanya. Nikmati Kue Akar Kelapa dengan secangkir teh hangat. Komposisi : Tepung Beras, Tepung Ketan, Wijen, Gula, Telur.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Riau Yang Mempesona

9. Kue Biji Ketapang

Ini bukan camilan manis yang berbahan biji ketapang, melainkan camilan manis yang di bentuk sedemikian rupa persis biji ketapang. Kue Biji Ketapang yaitu camilan manis khas Betawi yang sering atau gampang dijumpai dijajakan sebelum hari raya Idul Fitri. Bentuknya pipih, mnis, renyah, gurih, menciptakan camilan manis ini mempunyai tempat tersendiri di hati para pecinta makanan khas Betawi.

Baca juga; 20 Tempat Wisata Di Papua Yang Sangat Cantik

10. Kembang Goyang

Memang tak sanggup di pungkiri bahwa masyarakat Betawi sangat lihai menciptakan cemilan yang asik buat temen nongkrong. Kembang Goyang begitulah sebutan dari cemilan kali ini, berbetuk menyerupai kembang ( bunga ) renyah sehingga menciptakan siapapun yang melihatnya niscaya menyukainya. Saat di goreng memang digoyang-goyang sehingga di sebut atau dinamai Kembang Goyang.

Baca juga; 16 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Timur ( NTT ) Yang Mengasyikkan

11. Tape Uli

Siapa sih yang tidak tahu tape ? Tape merupakan makanan khas Indonesia yang biasanya terbuat dari ketan maupun singkongdengan proses fermentasi menggunakan ragi. Uli juga makanan khas Indonesia yang berbahan ketan putih yang di campur dengan kelapa yang kemudian di kukus dan di tumbuk semoga bertekstur padat serta lembut.

Tape Uli Ketan milik Pak Harry sudah eksis sejak dari tahun 1990-an hingga ketika ini masih di gandrungi masyarakat Indonesia. Banyak manfaat mengonsumsi tape, makanan ini sanggup meningkatkan kandungan Vitamin B1 3x lipat. Berikut variasi tape ketan milik Pak harry : Tape Ketan Hitam, Tape Ketan Hijau, Uli, Uli Bakar Serondeng, Air Sari Tape, Uli Bakar Sambal Oncom, Ketan Susu Original, Ketan Susu Meses, Ketan Susu Keju, Ketan Susu Durian dan Lemper bakar.

Alamat : Gading Food City lantai dasar, Mall Kelapa gading ( jakarta Utara ), Telp. 082299120120.

Baca juga; 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat ( NTB ) Yang Eksotik

12. Marquerite Nougat

Marquerite Nougat beralamatkan di Jalan Kelapa Puan Timur V NB5 No. 10 Kelapa Gading. Kuliner ini tidak akan menciptakan Anda haus dan juga tidak lengket di gigi, selain Nougat yang bikin ketagihan ada juga disediakannya Cookies dan selai beraneka rasa. Oh iya barang kali ada yang belum tahu spektifikasinya, Nougat yaitu salah satu varian permen yang terbuat dari gula atau madu, toasted nuts dan putih telur.

Produk dari pada Marquerite Nougat merupakan jenis nougat putih dan mempunyai banyak varian rasa, di buat secara homemade menggunakan materi alami serta tanpa materi pengawet.

Baca juga; 32 Tempat Wisata Di Sumatera Utara Yang Seru

13. KSM Oleh-Oleh Betawi

Adalah tempat menjual banyak sekali barang khas Betawi, mulai dari Kaos Jakarta, Sandal jakarta, Gantungan kunci, Magnet, Pembuka Botol, miniatur ondel-ondel, becak, monas, kerak telor pokoknya kesemuanya khas Jakarta. Makanan dan minuman khas Betawi juga tersedia, yang boleh di katakan lengkap.

KSM Oleh-Oleh Betawi berlokasi di Jalan Rajawali Selatan No. 25A, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia.

Baca juga; 29 Tempat Wisata Di Sumatera Selatan Yang Wajib Anda Kunjungi

14. Oleh-Oleh Sowan

Oleh-Oleh Sowan yaitu sentra penjualan buah tangan ori Jakarta berupa masakan atau aneka kerajinan yang terletak di daerah Sunter. Selain buah tangan orisinil Jakarta, di tempat ini juga menyediakan makanan dari banyak sekali kota di Nusantara. Petualanganmu akan terasa lebih lengkap jikalau mampir ke restoran Dapur Solo yang berada persis di sebelah Oleh-Oleh Sowan.

Baca juga; 50 Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menyenangkan

15. Soto Beawi

Kuliner ini memang spesial, lantaran sudah terbukti rasanya yang tidak bisa di anggap remeh dan sudah terbukti kelezatannya. Soto Betawi ini berkuah santan berisikan daging sapi dengan racikan ala masyarakat Betawi yang hebat di bidangnya. Olahan khas Betawi tersebut sangat cocok di nikmati dengan nasi putih dan santaplah selagi hangat.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Sulawesi Utara Yang Mempesona

16. Soto Tangkar

Kuliner yang mempunyai sejarah wacana penjajahan Belanda, pada ketika itu orang Betawi hanya bisa membeli iga sapi ( tangkar ). Terjadilah dan terciptalah masakan Soto Tangkar yang lezat, lambat laun berjalannya waktu sekarang Soto Tanggar ditambah dengan daging dan jeroan. Soto Tangkar sangat cocok disantap ketika makan siang atau makan malam atau juga sanggup di sesuaikan dengan selera dan harapan Anda.

Baca juga; 15 Tempat Rekreasi di Sulawesi Tenggara Yang Wajib DiKunjungi

17. Semur Jengkol

Semur Jengkol, mukin salah satu dari kalian enggan untuk memakan masakan ini lantaran baunya yang khas. Tapi jangan salah, Semur Jengkol merupakan salah satu dari sekian banyaknya makanan khas orang Betawi yang sangat di gandrungi. Masyarakat Betawi bisa menciptakan Jengkol menjadi hidangan berjenis semur wah begitu wah nikmatnya.

Ada bebrapa cara yang dilakukan semoga menghilangkan amis jengkol, yakni jengkol bisa di rendam di air kapur atau bisa di rendam di air dari rebusan tangkai padi.

Baca juga; 19 Tempat Wisata di Provinsi Sulawesi Tengah Yang Menawan

18. Ketoprak

Campuran antara ketupat maupun lontong, bihun, toge, tahu, mentimun, bawang goreng, kecap manis, potongan telur rebus, saus kacang dan kerupuk sebagai pelengkap Ketoprak. Ketoprak biasanya didagangkan ( dijajakan ) dengan menggunakan gerobak dorong di pinggiran jalan maupun kaki lima. Ketoprak dengan banyak sekali adonan diatas menyebabkan cita rasa yang unik dan sangat patut Anda coba.

Baca juga; 26 Obyek Wisata Di Sulawesi Selatan Yang Sangat Menarik

19. Gado-Gado

Terdiri dari banyak sekali sayuran yang di rebus dan kemudian dicampur menjadi satu dengan bumbu kacang ( saus kacang ). Gado-Gado atau seladnya orang Indonesia di lengkapi dengan kerupuk dan bawang goreng untuk memeriahkan hidangan khas Betawi ini. Gado-Gado sanggup di makan menyerupai salad dengn bumbu kacang, namun bisa juga kok dimakan beserta nasi putih maupun lontong.

Baca juga; Indahnya 11 Tempat Wisata di Sulawesi Barat yang layakdi kunjungi

20. Nasi Ulam

Ada dua jenis Nasi Ulam yakni nasi ulam kering dan nasi ulam basah. Nasi Ulam sanggup di kategorikan efek dari budaya masakan Cina pada awal pembuatannya.  Sebagai gambarannya berupa nasi putih yang di siram semur kentang / tahu / telur, sedikit tambahan cumi asin goreng, bihun goreng, telur dadar cincang, bergel kentang, sedikit daun kemangi, sambal, bawang goreng, serta taburan kacang tanah bubuk.

Kuliner Nasi Ulam sudah banyak dikenal hingga ke penjuru nusantara, dengan cita rasa yang enak menciptakan makanan ini selalu erat dengan pengecap masyarakat Indonesia.

Baca juga; 11 Tempat Wisata Di Kalimantan Utara Yang Terbaik

21. Nasi Uduk

Ialah makanan yang selalu menjadi alternatif sarapan sehat warga Jakarta. Rasa Nasi uduk sangat yummy dan gurih, lantaran dalam pembuatannya banyak bumbu racikan yang menciptakan masakan ini sangat di gandrungi banyak orang. Dengan di bekali rasa yang sudah gurih, Nasi Unduk bisa di nikmati dengan lauk pauk sesuai selera.

Baca juga; 14 Obyek Wisata Di Kalimantan Timur Yang Sangat Fantastik

22. Laksa Betawi

Laksa atau bisa disebut kari laksa terdiri dari mie, bergedel ikan, kerang, udang, telur, serta tauge cincang yng dipadukan dengan kuah santan pedas pada satu wadah. Kenikmatannya akan semakin lengkap ketika di beri tambahan sambal cabe dan otak-otak ikan. Sebenarnya Laksa ialah maknan etnis Tionghoa.

Seperti kebanyakan resep-resep lainnya, laksa menerima sentuhan berbeda yang menyebabkan resepnya bervariasi. Bahkan masakan ini diklaim sebagai laksa nama daerah penambah sentuhan atau tambahan materi lainnya.

Baca juga; 12 Obyek Wisata di Kalimantan Tengah Yang Cantik

23. Pindang Bandeng betawi

Mirip dengan sayur Cuma ada sedikit penambahan materi belimbing wuluh. Jika Anda seorang pecinta masakan sejati, jangan hingga terlupakan sajian enak dan sehat Pindang Bandeng khas Betawi ya sob.

Baca juga; 13 Obyek Wisata di Kalimantan Selatan Yang Menawan

24. Ketupat sayur / Lontong Sayur

Pembaca pastinya sudah tahu akan masakan yang satu ini, ya memang di Indonesia ini hampir di setiap sudut kota gampang di jumpai. Tak terkecuali di Ibu Kota Indonesia yakni DKI Jakarta, makanan ini bisa di jadikan sebagai sajian sarapan.

Baca juga;

0 komentar

Posting Komentar