Sabtu, 05 Juli 2014

Tari Barong Ubud – Seni Budaya Bali Yang Mendunia


Saat ini anda sedang liburan ke Bali dan sedang mencari seni budayannya yang sudah populer diseluruh dunia ? Cobalah pergi ke Desa Ubud, Kabupaten Gianyar yang mempunyai seni budaya yang menarik untuk di tonton yakni Tari Barong Ubud. Daerah ini direkomendasikan sebab mempunyai beraneka ragam pilihan wisata, baik dari wisata alam, wisata budaya dan wisata seni.

Kawasan Ubud juga populer akan wisata lagraga yang dapat memacu adrenalin, berjulukan acara Rafting di Sungai Ayung Ubud. Selain itu dapat pergi ke museum seni lukis atau menonton pertunjukan seni tari, yang hampir setiap hari ruti diadakan di banyak sekali tempat di daerah Desa Ubud tersebut.

Membahas lagi ke pembahasan utama ihwal tari barong ubud, saking terkenalnya tak hanya wisatawan domestik melainkan wisatawan mancanegara pun selalu ramai untuk mengunjunginya. Bagi anda yang tak mau menyia-nyiakan kesempatan berlibur di Bali, tentunya tidak hanya berdiam diri di hotel atau menghabiskan waktu ke shoping mall saja.

Cobalah melihat sesuatu yang unik dan menarik, tetunya hanya ada di Bali hlo, mirip pertujukan kesenian khas tradisional budaya Bali. Salah satu pertunjukan seni yang paling di cari disini ialah Tari Barong Ubud dan Tari kecak Ubud.

Oh iya, pemahaman dengan Tarian Barong ini sebagian dari anggota penarinya menggunkan topeng dan kostum yang mirip binatang dan jenis tari Barong yang banyak di minati yakni Tari Barong Ket. Barong Ket yakni bentuk dari perpaduan bentuk binatang antara harimau, singa, ular naga dan juga sapi.
Keseluruhan tubuh dari Barong Ket ini, dihiasi dengan seni gesekan tradisional Bali yang mana materi dasar yang dipakai ialah kulit sapi, serta didalam gesekan tersebut diberi puluhan cermin beling yang berukuran kecil. Maka dari itu ketika ada cahaya yang mengenai cermin kaca, menciptakan wujud dari Barong Ket kelihatan berkilauan nan eksotis.

Agar mirip mirip halnya seekor bintang, di sekujur tubuh Barong Ket di beri bulu, yang pada umumnya terbuat dari serat daun flora yang dikeringkan mirip daun pandan ataupun ijuk. Untuk menarikan seni Tari Barong Ket membutuhkan dua orang penari dan kedua penari tersebut mempunyai sebutan dengan nama “Juru Bapang” atau dapat disebut dengan “Juru Saluk”.

Penari yang berada di belahan kepala Barong Ket disebut dengan Juru satu, sementara penari di belahan ekornya dinamai dengan Juru Bapang dua. Perlu diketahui, pada ketika pementasan Tari Barong Ket ini juga disertai pementasan Tari Rangda ( sesosok yang sangat seram, yang mana mewakili simbul keburukan ).

Sementara Barong Ket disimbolkan sebagai kebajikan, maka dari itu disetiap pementasan Tari Barong Ket selalu diiringi dengan pementasan Tari Rangda. Kedua sosok ini merupakan kesimbulan dari perbedaan abadi antara kebajikan dan keburukan. Musik untuk mengiringi Tari Barong Ubud memakai musik traditional Bali yang berjulukan Gambelan.

Adapun jenis daripada Gambelan tersebut yakni Gamelan Semar Pegulingan, dan mereka yang pertama kali mendengar musik ini pastinya akan terdengar aneh. Namun, sesudah melihat penari yang bergerak mengikuti irama musik Gambelan, kebanyakan dari mereka antusias menikmati da selalu berakhir puas oleh seni yang dipertontonkan ini.

Jika anda ingin memutuskan untuk melihat kesenian Tari Barong Ubud, pasinya harus mengetahui jadwalnya supaya tidak kecewa jauh-jauh tiba karenanya tidak dapat melihat pertujukannya. Untuk pementasan tarian ini tidak setiap hari diadakan hlo, bagi yang ingin menonton pertunjukan Tari Barong yang diadakan setiap hari, dapat menontonnya di daerah Desa Batu Bulan. Adapun jadwal dan tempatnya dapat anda simak dibawah ini :

  • Hari Senin, berlokasi di Sandi Swara Wantilan dari pukul 19.00 - 20.30 WITA dengan tiketnya sebesar Rp 75.000 per orang.
  • Hari Rabu, berlokasi di Puri Saren Ubud dari pukul 19.30 - 21.00 WITA dengan tiketnya sebesar Rp 80.000 per orang.
  • Hari Kamis, berlokasi di Pura Dalem Ubud dari pukul 19.30 - 21.00 WITA dengan tiketnya sebesar Rp 50.000 per orang.
  • Hari Jumat, berlokasi di Puri Saren Ubud dari pukul 19.30 - 21.00 WITA dengan tiketnya sebesar Rp 80.000 per orang.

Perlu di perhatikan dan dapat menjadi catatan, bahwa harga tiket yang tertulis diatas untuk melihat pementasan Tari Barong Ubud sewaktu-waktu dapat berubah. Makara alangkah baiknya mirip halnya peribahasa “sedia payung sebelum hujan” dan selamat berlibur sobat blogger.

Dibawah ini masih ada beberapa obyek wisata terdekat yang dapat dijadikan jadwal liburanmu, yuk kulas informasinya :

0 komentar

Posting Komentar